Menambah Category dan Tag Pada Postingan

Fungsi Category

Sesuai namanya, Category bertujuan untuk kategorisasi atau pengelompokan artikel/postingan yang telah kita tulis. Dalam kondisi tulisan yang masih sedikit, mungkin belum terasa manfaatnya. Tapi kalau artikel yang kita tulis sudah puluhan, ratusan dan bahkan ribuan, category menjadi keharusan.

Selain secara teknis berfungsi mempertajam SEO (search engine optimization) tulisan kita.

Cara menambah Category:

1. Pada panel sebelah kiri carilah fitur Categories lalu Pertama klik + Add New Category. Silahkan tentukan Category yang diinginkan. Semisal, artikel berisi informasi wisata. Maka, category yang relevan ialah Wisata, Liburan, dsb. Setelah itu klik Add New Category untuk nemambahkan pada list di atasnya.

2. Apabila sudah pernah dibuat seperti sebelumnya. Maka, untuk selanjutnya tinggal klik Check List atau centang category yang diinginkan.

Fungsi Tag

Tag hampir tak jauh berbeda dengan kategori, yakni berfungsi untuk pengelompokan artikel. Hanya saja tag memiliki kelebihan lebih fleksibel dibanding category. Kita bisa menambah tag di kotak yang tersedia di bawah kotak posting tanpa meninggalkan jejak di barisan catergory di sebelah kanan posting.

Cara menambah Tag:

Tag letaknya persis di bawah panel Category. Untuk menambahkannya tak jauh berbeda. Kalian cukup mengetiknya di area yang disediakan, lalu klik Add untuk nenambahkan. Lakukan berulang sampai tag yang diinginkan dirasa cukup.

Gunakan tag maupun category yang relevan dengan isi artikel Anda. Demikian cara menambahkan category dan tag pada artikel website Anda. Kedua fungsi ini nanti juga bisa dimanfaatkan untuk menampilkan artikel tertentu berdasarkan filter category/tag. Sehingga kemunculan artikel sesuai category masing-masing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *