Login ke Dashboard Website

Untuk login ke website adalah dengan menambahkan wp-admin di akhir alamat website Anda. Contohnya seperti ini:

http://www.prodesain.id/wp-admin

Kemudian URL ini akan mengarahkan ke layar login, di mana Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password administrator.

Setelah berhasil login, Anda akan berada di dashboard administrator. Dashboard tersebut berisikan gambaran umum keseluruhan website Anda dan terdiri atas 3 bagian utama:

1. Toolbar di atas halaman. Toolbar tersebut memuat link yang paling banyak digunakan oleh administration function dan administration resource. Sebagai contoh, jika Anda mengarahkan kursor ke nama website, akan muncul link yang terhubung ke tampilan umum situs Anda. Link tersebut juga menampilkan notifikasi sederhana, seperti update dan jumlah komentar baru.

2. Menu navigasi utama di sisi kiri. Menu tersebut memiliki link yang terhubung ke seluruh layar administratif WordPress. Jika kursor digerakkan ke menu item, akan tampil submenu dengan item tambahan.

3. Area kerja utama (main work area).

Ketka Anda pertama kali log in ke panel admin WordPress, akan terlihat modul selamat datang yang berisikan beberapa link yang berguna untuk membantu Anda menggunakan WordPress. Jika Anda sudah mulai bisa memahami dashboard, klik tombol Dismiss untuk menyembunyikan modul tersebut.

Modul lainnya:

At a Glance menampilkan jumlah post, halaman, dan komentar yang Anda miliki. Modul ini juga menunjukkan versi dan tema WordPress yang sedang Anda jalankan.

Activity menunjukkan informasi singkat tentang post dan komentar terbaru. Modul ini juga menunjukkan status semua komentar serta daftar singkat mengenai komentar yang paling baru.

Quick Draft. Masukkan konten ke modul ini untuk memulai post blog baru. Akan tetapi, Anda tidak bisa mempublish post dari sini karena modul ini hanya memuat ide post sehingga Anda bisa kembali lagi sewaktu-waktu.

WordPress News. Modul ini menampilkan WordPress news terbaru.

Setiap jendela (window) memiliki panah kecil yang bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan salah satu modul dengan cepat. Anda juga bisa drag dan drop modul-modul tersebut ke posisi yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *