Cara Mengembalikan Kecepatan Akses Android yang Mulai Lamban

Setiap pembelian HP Android pasti telah dilengkapi kecepatan akes yang maksimal. Masalahnya, setelah lama digunakan, seringkali kecepatan tersebut menurun. Nah, bagaimanakah cara menambah kecepatan ponsel agar kembali seperti semula? Artikel ini akan membeberkan step by step sekaligus alternatif pemecahannya untuk Anda.

Identifikasi Masalah

Sebelum ke masalah inti, identifikasi dulu masalahnya apa. Apakah gara-gara sebuah aplikasi, atau penyebabnya beberapa aplikasi, atau bahkan sistem Android itu sendiri? Untuk mengidentifikasi masalah, lebih baik Anda unduh dulu aplikasi Trepn Profiler di Google Play Store.

Trepn Profiler akan menunjukkan pada Anda secara real-time tentang hasil loading CPU dalam skor tertentu. Saat Anda tengah online, aktifkan aplikasi tersebut. Nanti Trepn Profiler akan memproduksi secara spesifik problematika tersebut berdasarkan profil Anda saat online maupun offline. Dengan cara ini, masalah pada ponsel Anda akan diekspos terang-terangan.

Bakar Beberapa File yang Memakan Memori

Ruang memori merupakan ruang intim untuk berkomunikasi antar data sekaligus untuk menyimpan riwayatnya. Memori (baik internal maupun eksternal) yang terlalu banyak dibebani, maka akses setiap data pada ponsel tersebut akan memberat. Terutama pada file foto dan juga aplikasi.

Mampirlah ke setelan, kemudian cek kapasitas memorinya. Hapus file yang dirasa tidak perlu. Apalagi aplikasi yang banyak iklannya. Kalau Anda masih sayang dengan file-nya, belilah flashdisk dulu. Simpan di sana. Target utama kali ini adalah menambah kecepatan ponsel agar bisa kembali seperti semula.

Close Down Aplikasi yang Tengah Digunakan

Kegiatan multitasking memang lebih memudahkan setiap urusan. Apa itu multitasking? Istilah ini diperuntukkan saat Anda menggunakan lebih dari 1 aplikasi Android sekaligus. Ternyata dampak yang ditimbulkannya juga lumayan. Satu bagian inti dalam ponsel Anda bernama RAM akan terganggu kinerjanya.

Cara Menambah Kecepatan Android dengan Me-reset Perangkat Anda

Sebetulnya cara ini tergolong sederhana dan bisa dengan ampuh mengatasi problematika Android. Istilahnya, coba Anda selama 3 hari 3 malam tidak pernah tidur biarpun 1 menit saja. Apa dampak secara fisik dan psikologisnya? Pasti kemampuan aktivitas Anda akan menurun, bukan? Nah, manfaat restart ponsel Android juga begitu.

Kembalikan ke Pengaturan Pabrik

Cara terakhir ini tergolong sebagai kiat pamungkas kalau cara-cara di atas tadi tidak berfungsi. Pada tahap ini, sudah jelas kalau perangkat Android Anda tengah mengalami masalah serius. Ibarat proses pengobatannya, maka harus dimasukkan ke ruang UGD. Tentu saja tingkat keberhasilan sembuh tidaklah banyak. Jadi banyak-banyak berdoa saja.

Sebelum mengembalikan pengaturan seperti saat pertama kali beli, lebih baik backup dulu data-data yang Anda. Copot kartu memori dan juga kartu SIM. Soalnya meskipun sudah di-backup, nyatanya data pada mereka juga terhapus. Tidak ada yang lebih indah daripada kembali ke awal. Ingat, cara ini adalah yang terakhir dari segala cara.

Kalau sudah di-reset ke pengaturan pabrik, tetapi masih lelet seperti keong bagaimana? Kunjungi saja ke pusat pelayanan Android yang Anda beli. Nanti petugas sana akan mem-flashing perangkat Anda. Barangkali butuh biaya, tetapi cara menambah kecepatan ponsel ini dijamin 100% berhasil. Kalau tidak percaya, coba saja.

Cara Mengembalikan Kecepatan Akses Android yang Mulai Lamban | Jekk | 4.5