Cara Jitu Mereduksi Ukuran WhatsApp di iPhone Milik Anda

Jika Anda menggunakan iPhone maupun iPad, coba lihat posisi aplikasi yang paling banyak memakan ruang memori. Pasti aplikasi WhatsApp masuk jajaran pertama. Artikel ini akan membeberkan cara jitu mereduksi ukuran WhatsApp. Khususnya bagi pengguna iPhone. Selengkapnya, Anda bisa simak step by step seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Cari Jumlah Chat Terbesar

Tanpa sadar, saat dua orang melakukan komunikasi via WA, sebetulnya mereka juga berbagi data. Besaran data itulah yang bisa bikin ruang memori semakin sempit. Seperti yang kita tahu, aplikasi WA saat diunduh paling-paling tidak sampai 40 MB. Akan tetapi, jumlahnya semakin membengkak seiring intensnya komunikasi antar pengguna.

Untuk lebih jelasnya, coba Anda lihat pada menu Storage Usage yang berada pada menu Setting di iPhone. Anda pasti akan melihat daftar chatting secara grup maupun individu yang memakan sebagian besar ruang memori di ponsel Anda. Mayoritas pemakan data tersebut berada pada grup keluarga soalnya antar member saling aktif dan say hello setiap hari.

Baca juga: Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti di android

2. Export dan Bersihkan Chat

Langkah terbaik untuk mereduksi ukuran chat di WA dan menjaga riwayat chat adalah dengan mengekspor data. Setelah itu baru dibersihkan. Di dalam WhatsApp ada dua pilihan yang bisa Anda ambil: bersihkan chat (delete chat) atau arsipkan chat. Kalau Anda menekan pilihan pertama, maka siap-siaplah riwayat percakapan Anda terhapus sempurna dari sistem.

Inilah gunanya mengekspor data dulu agar tersimpan pada memori atau folder lain. Sama seperti cara kerja backup pada setiap perintah penghapusan jenis apa pun di gadget. Kalau Anda mau mengekspor ke pihak ketiga juga boleh. Misalkan ke Google Drive, OneDrive, atau OneNote. Cara jitu mereduksi ukuran WhatsApp ini lebih aman dan tidak akan memakan space memori Anda.

3. Sering-Seringlah Berkunjung ke Memori Eksternal

WhatsApp pada iPhone memang dipasang menggunakan ruang memori intenal. Akan tetapi, saat terjadi pertukaran data antar sesama pengguna, penyimpanannya berada pada memori eksternal. Anda pasti sudah tahu memori eksternal itu apa. Jadi tidak perlu dijelaskan, ya. Dalam memori eksternal itu akan tampak folder bernama WhatsApp.

Baca juga: Cara Mengatasi BBM Menyambungkan di Android

Di sanalah letak berbagai data tersimpan. Hal ini juga berlaku untuk ponsel dengan sistem operasi Android. Dua menu yang paling menonjol bernama “Databases” dan “Media”. Nah, fokus kita pada folder “Media” untuk mengaplikasikan kiat ketiga ini. Pertanyaan selanjutnya adalah apa yang biasa dikirim secara istimewa seorang pengguna ke pengguna lain?

Dokumen atau gambar atau audio atau video? Keempat-empatnya bisa saja ada. Keempat file tersebut berada pada folder “Media”. Ukuran WhatsApp yang membengkak tidak terlepas dari menumpuknya file tersebut. Jadi, lihatlah dengan saksama di folder WhatsApp Audio, WhatsApp Documents, WhatsApp Images, dan WhatsApp Video.

Pilih file yang dirasa tidak penting. Kemudian hapus. Di dalam folder-folder itu tidak akan tampak siapa pengirimnya. Namun Anda pasti hapal setelah melihat berkas-berkasnya. Lebih bagus lagi kalau Anda memiliki perangkat lain, misalnya PC. Maka, file yang penting pindah saja ke folder di PC. Nanti WhatsApp Anda akan kembali ramping seperti semula.

Kira-kira begitulah cara jitu mereduksi ukuran WhatsApp di iPhone Anda. Cara ini kalau memungkinkan, boleh juga dipakai untuk mereduksi ukuran WA di ponsel merek lainnya. Sayang sekali kalau memori ponsel Anda menyempit gara-gara tidak tahu cara meminimalkan ukuran WA. Lama-lama bisa mengganggu aktivitas lainnya.

Cara Jitu Mereduksi Ukuran WhatsApp di iPhone Milik Anda | Jekk | 4.5