Atasi Kerusakan Ponsel Akibat Kena Air dengan Langkah Mudah

Siapa yang tidak was-was mengetahui smartphone milik kita jatuh ke dalam air. Memang agak sulit untuk memperbaiki kerusakan ponsel akibat kena air. Ketika ponsel masuk ke dalam air ada beberapa kemungkinan yang terjadi, bisa mati total, masih menyala namun tidak normal, dan ngeblank. Kecuali smartphone tersebut memang sudah didesain dan dilengkapi dengan fitur water resistant yang anti air. Lah kalau tidak bagaimana cara memperbaiki hp mati total kena air?. Jangan khawatir artikel berikut akan menjelaskan langkah mudah untuk mengatasi kerusakan ponsel yang tekena air.

Cara Mengatasi Kerusakan Ponsel Akibat Terkena Air Dengan Langkah Mudah

Sebenarnya banyak cara untuk menyelamatkan ponsel kita dari kersuakan saat terkena air, hanya saja ketika ponsel jatuh atau hp konslet kena air terkadang kita menjadi panik, menjadi takut, was-was, bingung dan tidak bisa berpikir jernih, sehingga kerusakan yang sebenarnya bisa diselesaikan sendiri malah makin memperparah keadaan dan menyerah untuk menyelamatkan ponsel kita. Nah berikut adalah langkah mudah untuk mengatasi kerusakan ponsel akibat tekena air

Segera Lepaskan Baterai, SIM Card & Memory Card

Langkah ini merupakan hal yang krusial, dimana sesegera mungkin harus kita lakukan. Dengan melepas baterai setidaknya ini akan mengurangi resiko kerusakan akibat terjadi korslet pada ponsel. Kemudian jangan sekali-kali menghidupkan ponsel saat masih basah lalu jangan lupa juga lepas kartu SIM dan kartu memori kalu ada.

Baca juga: Cara Menambah Kualitas Suara di HP Android

Segera Bongkar dan Keringkan Komponen-Komponen di Dalam Ponsel

Sesaat setelah ponsel mati terkena air segera bongkar bagian dalam atau komponen dalam ponsel. Lepaskan chasing dan komponen yang ada sampai ke bagian yang terdalam. Setelah itu komponen-komponen tadi segera dikeringkan. Hal ini dilakukan tentu saja untuk mengurangi resiko komponen ponsel dialiri sisa air dan menghindari kerusakan lebih lanjut.

Segera Bersihkan dan Keringkan Layar atau LCD Pada Ponsel

Cara mengatasi layar hp kemasukan air ya tentu saja segera membersihkannya dan mengerikannya terlebih dahulu, karena komponen pada layar LCD berupa filamen lunak, sangat rentan jika terkena air, serta tidak kuat terhadap kelembapan. Jika tidak segera dikeringkan, dikhawatirkan LCD akan mengalami dead pixel atau plak hitam pada layarnya. Cara mengeringkannya dengan menggunakan paparan sinar matahari atau diangin-angini.

Rakitlah Kembali Ponsel Secara Hati-Hati

Langkah selanjutnya setelah semua komponen sudah kering adalah merakit kembali semua komponen ponsel Anda menjadi satu. Pasang dengan hati-hati dan penuh konsentrasi, cek kembali pemasangan agar komponen terpasang sesuai pada tempatnya.

Rendam Dalam Timbunan Beras

Cara mengeringkan hp yang kemasukan air agar proses pengeringan berjalan optimal, Anda bisa merendam ponsel di timbunan beras. Hal ini dilakukan karena beras dapat menyerap sisa kadar air pada ponsel karena beras memiliki sifat elketrostatis. Waktu yang diperlukan cukup memakan waktu, yakni kisaran 1-2 hari perendaman agar mendapatkan tingkat kekeringan yang sempurna.

Baca juga: Cara Mengembalikan Kecepatan Akses Android Lamban

Nyalakan Ponselnya dan Coba Reset Kembali ke Setelan Pabrik

Langkah selanjutnya ialah menyalakan ponsel yang sudah direndam dalam beras tadi, jika ponsel Anda masih hidup selamat Anda berhasil dan beruntung, namun belum tentu ponsel Anda selamat seratus persen dari kerusakan, meskipun selamat dari kerusakan pun performanya tidak seperti semula. Untuk itu opsi untuk mereset ke setelan pabrik perlu dilakukan, karena umumnya setelan pabrik merupakan setelan terbaik pada ponsel.

Sebenarnya kita semua bisa mengatasi kerusakan ponsel akibat kena air dengan langkah mudah, namun demikian kehati-hatian dalam menggunakan ponsel juga harus ditingkatkan kembali. Jangan sampai file-file penting kita di dalam Ponsel hilang karena kecerobohan kita. Semoga artikel ini bermanfaat.

Atasi Kerusakan Ponsel Akibat Kena Air dengan Langkah Mudah | Jekk | 4.5