7 Trik Memaksimalkan Kemampuan Fotografi dalam Smartphone Anda

Seorang fotografer jempolan selalu memiliki kemampuan membidik objek dengan cara yang unik. Tidak terbatas pada seberapa bagus lensanya, tetapi juga kemampuan memahami kameranya sendiri. Dalam ilmu potret-memotret, setidaknya ada 7 trik memaksimalkan kemampuan fotografi yang bisa Anda terapkan kalau mau hasilnya sekelas fotografer.

Memahami Fitur Auto Mode

Dalam tiap smartphone pasti ada fitur auto mode di bagian kamera. Kalau dimaksimalkan, fitur ini bisa bikin hasil jepretan jadi lebih keren. Terlebih kalau smartphone Anda menggunakan ISOs kelas tinggi. Fitur itu mampu menggantikan peran Anda dengan baik. Jadi, semakin mahal smartphone, belum tentu hasil jepretannya lebih bagus.

Pastikan Smartphone dalam Keadaan Stabil

Kunci utama agar hasil foto tidak nge-blur salah satunya dengan memahami cara memegang smartphone. Posisi smartphone dalam genggaman harus stabil. Saat ingin memotret, posisikan smartphone agak menjauh dari badan. Gerakkan siku agak ke samping untuk memberikan kestabilan ekstra.

Baca juga: Cara Jitu Mereduksi Ukuran WhatsApp di iPhone

Jangan Gunakan Fitur Zoom

Hanya smartphone tertentu, seperti iPhone X dan Samsung Galaxy Note 8 yang memiliki kamera sekunder yang menyediakan 2x optical zoom. Selain itu masih sangat jarang. Ketika memakai fitur zoom, hasil jepretan jadi pecah-pecah. Friksi pada gambar akan tampak nyata ketika dipindah ke perangkat lain dan dijadikan foto profil atau semacamnya.

Pakai Shot Berkali-kali

Cara ini sering dipakai oleh fotografer kelas media mainstream. Trik memaksimalkan kemampuan fotografi ini digunakan agar memperoleh foto yang betul-betul bagus. Ketika genggaman pada smartphone bergeser sedikit saja, maka akan berpengaruh pada hasil. Dengan shot berkali-kali, maka pergeseran cara menggenggam maupun objek tidak akan jadi masalah.

Masuk ke Proses Pengeditan

Hasil jepretan foto yang bagus tidak ada yang sempurna 100%. Gambar-gambar yang sering Anda lihat di Instagram artis-artis itu, semua melewati proses editing. Proses ini berkaitan dengan detail cacat yang ada pada foto. Misalnya ada yang samar dan sebagainya. Proses ini bisa dilakukan via smartphone maupun via PC dengan software tertentu.

Baca juga: Situs Populer Penyetok Foto Gratis

Pencahayaan itu Penting

Porsi cahaya yang cukup bisa bikin hasil foto jadi maksimal. Harap jangan berhadap-hadapan dengan cahaya matahari ketika melewati proses shot. Porsi cahaya masuk yang sesuai kira-kira 60%-70% saja. Apa pun merek maupun tipe smartphone milik Anda, kalau memakai trik di artikel ini pasti hasilnya tidak kalah dengan fotografer yang sudah veteran.

Ketahui Kehebatan Gaya Portrait

Barangkali lebih banyak orang yang suka dengan gaya landscape daripada portrait. Gaya landscape dinilai lebih luas jangkauannya. Akan tetapi, untuk mencapai hasil maksimal diperlukan perangkat berlensa cemerlang. Sebaliknya, ketika pakai gaya portrait, apa pun jenis smartphone Anda, hasilnya akan terasa lebih mendalam.

Sekali lagi, ketika hasil foto kurang bagus, bukan berarti kameranya jelek. Bisa jadi karena Anda belum menerapkan trik memaksimalkan kemampuan fotografi dalam smartphone milik Anda. Pelajari pelan-pelan dulu. Penguasaan fotografi yang mumpuni membuka banyak peluang di banyak bisnis kreatif. Bisa jadi bekal yang bagus untuk ke depannya, kan?

7 Trik Memaksimalkan Kemampuan Fotografi dalam Smartphone Anda | Jekk | 4.5